Kapolres Bolmong : 39 Tambang Ilegal DI Wilayah Bolmong Belum Memiliki Izin

TotabuanNaton

TotabuanNaton.com – BOLMONG – Kapolres Bolmong AKBP Dr. NOVA I. SURENTU, SH.MH menyampaikn terima kasih kepada Unsur Forkopimda Kab Bolmong, Para aparat pemerintah kec.di wil Dumoga, unsur Stake holder serta tokoh agama, tokoh masyarakat yang sudah memenuhi undangan Rakor Lintas Sektoral tentang Penanganan Pertambangan Ilegal di Wil.Kab. Bolmong.

Lebih lanjut Kapolres memaparkan bahwa Rakor tersebut dilaksanakan untuk menindak lanjuti Surat Perintah Kapolda Sulut No: Sprin / 467 / IV / PAM.3.3 / 2021 tgl 15 April 2021 tentang Razia Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI) dan untuk mendapatkan dukungan dan masukan dari unsur Forkopimda serta menerapkan aspirasi dari berbagai elemen masyarakat sekaligus sebagai sosialisasi kepada masyarakat.

Menurut Kapolres kegiatan yang dilaksanakan mulai tgl 16 s / d 30 April 2021 itu termasuk pertambangan yang ada Area Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) yang disediakan.sekitar 39 (semuanya belum memiliki ijin) dan sekitarnya.
Pada bagian.akhir kandarnya Kapolres Bolmong AKBP Dr. NOVA IRONE SURENTU, SH, MH menurutkan bahwa dalam melaksanakan kegiatan tsb akan didahului degan Sosialisasi kepada masyarakat dalam bentuk pemasangan Spanduk dan himbauan.

KEPALA BALAI TNBNW drh. SUPRIYANTO memaparkan bahwa Luas TNBNW adalah sekitar 282.008. HA dan pihak Balai TNBNW telah melakukan pemetaan lokasi tambang masyarakat dan perambahan Hutan. Dikatakan, Lokasi TNBNW terbesar yang dijadikan wilayah pertambangan terletak di Toraut kec. Dumoga Barat dan Pihak Balai TNBNW selalu adakan koordinasi pihak yang terkait untuk mencegah agar tidak berkembang yang baru.

Terkait dengan perambahan hutan sampai saat ini telah diupayakan untuk menanam kembali bibit pohon salah satunya adalah bibit pohon kemiri, namun masih terkendala oleh terbatasnya bibit pohon tersebut. Kami sangat mengharapkan bantuan dari Forkopinda terutama instansi terkait untuk mencarikan solusi. Selanjutnya untuk unsur Forkopinda Kabupaten Bolmong kami memberikan dukungan terhadap langkah Polri dalam upaya supremasi hukum diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Redaksi : Herry Mokodongan / LM


TotabuanNaton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wartawan (MitraPol) Melaporkan Inisial "P" Atas Pencemaran Nama Baik Di Akun FB

Fri Apr 23 , 2021
TotabuanNatonTOTABUANNATON.com, Kotamobagu – Seorang wartawan media online Mitrapol.com Biro Kotamobagu Sulut, Chandra Damopoli bersama rekan media, mendatangi Markas Kepolisan Resort (Mapolres) Kotamobagu, Kedatangan bermaksud melaporkan pemilik akun facebook atas nama ‘Pamella Damayanti Panjaitan’ Surat tanda trima laporan polisi/ pengaduan Nomor: SLTTP/ 162.a/ III/2021/SULUT/RES-KTGU Senin tanggal29 maret 2021 jam13.00wita, atas dugaan […]