TotabuanNaton

TotabuanNaton.com – BOLMONG – SPBU Poigar melayani pembelian gelong/jerigen dalam jumlah besar meskipun hal ini sudah di peringatkan melalui pihak Pertamina di Makassar namun pemilik SPBU Poigar tidak mengindahkanya, Senin, 5/7/2021.

Terbukti beberapa waktu yang lalu 30/6 pihak Polres Bolmong menahan kendaraan beroda 4 jenis Pick Up yang memiliki 96 jerigen yang berisikan Bahan Bakar Jenis Solar yang diambil dari SPBU Poigar.

Meski terancam pidana hukuman dan pencabutan izin operasional, masih saja ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang memanfaatkan Subsidi dari pihak pemerintah SPBU nakal yang diduga turut membantu dengan melayani pembelian bahan bakar minyak (“BBM”) dengan jerigen dalam jumlah besar.

Diduga adanya penimbunan BBM jenis solar, SPBU Poigar Kabupaten Bolmong turut memberikan bantuan kejahatan penimbunan BBM dengan modus menggunakan puluhan jerigen sudah berlangsung lama. Akhirnya modus penimbunan BBM ini terungkap dengan adanya laporan masyarakat.

“Pihak SPBU melanggar UU Hukum pidana sesuai dengan pasal 56. Jika pembelian bahan bakar minyak (“BBM”) dalam jumlah besar bertujuan untuk melakukan penimbunan, pihak SPBU dapat dijerat pidana atas tindak pidana pembantuan. Perbuatan ini diatur dalam Pasal 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana”.
Penimbunan dan penyimpanan BBM tanpa izin sendiri dilarang dalam Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak dan perubahannya serta Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.pemilik SPBU bakal akan di jerat dengan UU.No.22 dan peraturan Presiden No.19.tahun 2014.
Redaksi : Lukman Mokodompit


TotabuanNaton

By redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *