• Sat. Oct 16th, 2021

Aktivitas Tambang Ilegal Diduga Penyebab Banjir Di Desa Tobayagan.

Byredaksi

Sep 21, 2021
TotabuanNaton

TOTABUANNATON. COM –  Bencana banjir diDesa Tobayagan, Kecamatan pinolosian timur Kabupaten bolmong selatan mengalami banjir bandang sehingga rumah warga mengalami terendam air,dimana masyarakat tobayagan menuding, jika aktivitas tambang liar yang tidak berizin,di sekitar desa tobayagan , jadi pemicu terjadinya banjir bandang. Selasa (22/09/21)

Menurut salah satu warga yang peduli dengan lingkungan,bahwa aktivitas tambang ilegal yang menggunakan alat berat  menyebabkan pendangkalan di Sungai hulu tobayagan,dan merusak ekosistem sehingga tidak mampu menampung debit air saat terjadi hujan lebat di kawasan yang terdiri dari gunung dan bukit tersebut.
Aktivitas Tambang Ilegal Diduga Jadi Penyebab Banjir

“Soal aktivitas tambang liar yang belum mengantongi izin dari kementerian ESDM, Seharusnya pemerintah bolsel khusunya dinas lingkungan hidup dan aparat hukum khusunya kepolisian menindak dengan tegas para cukong yang mendanai Peti ilegal sehingga menyebabkan pendangkalan sungai. Terlebih banjir, ini ada indikasi akibat dari aktivitas tambang liar,” katanya, saat di wawancarai awak media melalui telfon genggam celuller.

Redaksi : Lukman Mokodompit. 


TotabuanNaton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *