TOTABUANNATON.COM / BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dinobatkan sebagai pemenang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Awards 2019 katagori implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT tingkat Kabupaten/Kota tipe B terbaik se Indonesia.

Penghargaan diserahkan Iangsung Kepala BKN RI, Bima Haria Wibisana kepada Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong, Umarudin Amba pada forum evaluasi pengelolaan manajamen kepegawaian se Indonesia melalui Rakornas Kepegawaian 2019, di Marriott Hotel Yogyakarta, Jumat (27/9).

Menurut Kepala BKPP Bolmong, Umarudin Amba, penghargaan diberikan atas implementasi manajemen ASN terbaik, kepada 30 instansi pemerintah yang terdiri atas Kementerian, Lembaga dan Daerah (K/L/D). “Itu dinilai mulai dari aspek perencanaan kebutuhan sampai dengan pengawasan,” kata Umarudin.

Sementara itu, berdasarkan siaran pers BKN RI Nomor: 084/RILIS/BKN/IX/2019 disebutkan, pemberian penghargaan tersebut merupakan tahun keempat sejak BKN Award diluncurkan 2016 lalu, dengan tujuan untuk memacu kinerja K/L/D dalam melaksanakan empat belas butir manajemen ASN.

Untuk itu, BKN yang diberikan kewenangan melakukan pembinaan dalam penyelenggaraan manajemen ASN secara nasional akan memberikan apresiasi kepada instansi yang berhasil menjalankan masing-masing butir manajemen tersebut.

Adapun kategori BKN Award 2019 mencakup Iima kriteria yakni: 1) aspek perencanaan formasi dan pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun. 2) Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT). 3) Penilaian kompetensi. 4) Implementasi Penilaian Kinerja, dan 5) Komitmen pengawasan.

Mekanisme penilaian BKN Award 2019 itu diawali dengan proses pengusulan daftar instansi terbaik yang meliputi enam kandidat di setiap kategorinya; yakni kementerian, Iembaga pemerintah non kementerian yang dipilih oleh BKN pusat. Sedangkan untuk Provinsi, Kabupaten/Kota tipe A, Kabupaten/Kota tipe B dan Kabupaten/Kota tipe C dipilih oleh Kantor Regional (Kanreg) BKN di wilayah kerjanya. (**)

 

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *