TOTABUANNATON.COM / Sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) periode 2019-2024, resmi dilantik atau diambil sumpah dan janji jabatan.

Pegambilan sumpah dan janji anggota DPRD Bolmong itu dilaksanakan di ruang paripurna gedung DPRD Bolmong, Selasa (10/9). Dan dipimpin langsung oleh Kepala Pengadilan Negeri Kotamobagu Warsito SH, di atas kitab suci berdasarkan kepercayaan masing-masing anggota DPRD Bolmong.

Bupati Bolmong Hadir Pelantikan Anggota DPRD bolmong Terpilih
Bupati Bolmong Hadir Pelantikan Anggota DPRD bolmong Terpilih

Mengikrarkan pengabdian atas jabatan yang diemban, 30 anggota legislatif (aleg) dari enam daerah pemilihan ini, resmi mengemban tugas menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan, selama lima tahun ke depan.

Sebelum diambil sumpah jabatan, dalam sidang tersebut Sekretaris DPRD Bolmong Yahya Fasa membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulut Olly Dondokambey sebagai hukum anggota DPRD Bolmong periode 2019-2024.

Yahya juga membacakan Surat Keputusan (SK) dari PDI Perjuangan dan Nasdem sebagai peraup suara terbanyak pada Pileg 2019 lalu, yang menyatakan penunjukan pimpinan sementara DPRD Bolmong.

Dalam SK tersebut diputuskan Welty Komaling dari PDIP ditunjuk sebagai Ketua Sementara DPRD Bolmong, sedangkan Sukron Mamonto dari Nasdem, sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Bolmong.

Setelah diambil sumpah, Welty dan Sukron dipersilakan duduk di kursi pimpinan untuk melanjutkan sidang tersebut, bersama dengan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny R Tuuk.

Dalam sambutannya sebagai Ketua Sementara DPRD Bolmong Welty Komaling mengucapkan terima kasihnya atas pengabdian anggota DPRD Bolmong periode 2014-2019.

“Diucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya atas pengabdian yang diberikan ke Kabupaten Bolmong selama masa bakti lima tahun ini. Terima kasih juga kepada KPU dan penyelenggara pemilu. Apresiasi kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan hingga suksesnya pemilu legislatif 2019,” ungkap Welty.

Dia juga menyampaikan mandat yang telah diberikan kepada dirinya dan anggota DPRD lainnya, bisa memberikan nuansa yang harmonis bersama pihak eksekutif (pemerintah).

“Mari kita sama-sama membangun Kabupaten Bolmong dengan cara mewujudkan Bolmong hebat sesuai visi dan misi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny R Tuuk,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengucapkan selamat dan sukses kepada anggota DPRD Bolmong yang telah diembankan tugas selama lima tahun ke depan mengawal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong lima tahun ke depan. “Berharap, bisa bersama-sama bersinergi mewujudkan Bolmong yang hebat,” harap Yasti.

Sekedar diketahui, selain dihadiri jajaran pemerintah daerah, sidang pengambilan sumpah juga diramaikan dengan ratusan warga yang sengaja datang ke gedung DPRD Bolmong melihat wakil mereka resmi duduk di kursi DPRD Bolmong.  (hen)

ADEVETORIAL

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *