TOTABUANNATON.COM / Bupati Bolaang Mongondow, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow menghadiri Acara Peresmian Gedung Baru UPTD Puskesmas Pusian Kecamatan Dumoga, jumat (12/4/2019)

Dalam Sambutanya Bupati memberikan apresiasi serta ucapan selamat atas terlaksananya pembangunan Gedung baru tersebut.Dalam Kesempatan itu pula Bupati Menjelaskan terkait tujuan dibangunya kembali UPTD Puskesmas pusian.

“Tujuan dibangunya UPTD Puskesmas Pusian ini adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih cepat, berkualitas dan lebih bermutu agar masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan yang baik,” kata Bupati.

Bupati tantangani prasasti Gedung Rawat Inap di UPTD. Puskesmas Doloduo
Bupati tantangani prasasti Gedung Rawat Inap di UPTD. Puskesmas Doloduo

Selanjutnya Yasti berharap dengan dibangunya gedung puskesmas yang baru tersebut masyarakat akan semakin merasa nyaman atas pelayanan yang diberikan.Tak hanya itu, Bupati juga meminta bagi tenaga medis agar dapat memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat tanpa memandang suku, agama, ras, golongan serta status sosial. 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong dr. Sahara Albugis, mengatakan, bahwa Puskesmas Doloduo saat ini memiliki 1 Dokter Umum PNS, Perawat 11 orang, Bidan 8 orang, bagian Sanitasi 3 orang, Perawat Gigi 2 orang dan tenaga lainnya 6 orang dengan jumlah keseluruhan 31 orang.

Bupati beserta KAPUS doloduo memasuki ruangan baru sekaligus melihat fasilitas gedung baru
Bupati beserta KAPUS doloduo memasuki ruangan baru sekaligus melihat fasilitas gedung baru

“Saat ini puskesmas Doloduo sudah melayani kurang lebih 4.544 KK di 12 Desa. Tahun 2017 lalu, Puskesmas Doloduo sudah terakreditasi Madya,” terang Sahara, saat peresmian di Gedung Rawat Inap di UPTD. Puskesmas Doloduo.

Lebih lanjut kata Sahara, di tahun 2018 kemarin, Puskesmas Doloduo juga mendapatkan penghargaan dari Kemenkes RI sebagai Puskesmas berprestasi tingkat nasional kawasan pedesaan. Selain itu, Kepala Puskesmas Doloduo, Pak Muhafid, juga menjadi Juara Kesling teladan tingkat Provinsi Sulut.

Sementara untuk UPTD Puskesmas Pusian, saat ini memiliki 1 orang tenaga Dokter PTT Daerah, tenaga Perawat 13 orang, Bidan 3 orang, Kesling 6 orang, dengan jumlah totol tenaga medis 22 orang.

Saat ini kata Sahara, Puskesmas Pusian melayani 12 desa, dengan jumlah kunjungan perhari rata-rata sebanyak 30 pasien umum dan 25 pasien BPJS.

Bupati foto Bersama ASN UPTD Puskesmas Doloduo
Bupati foto Bersama ASN UPTD Puskesmas Doloduo

Bupati juga berjanji akan menambah jumlah tenaga dokter di 2 Puskesmas tersebut, karena saat ini masing-masing Puskesmas itu baru memiliki 1 tenaga dokter. “Idealnya 2 tapi akan lebih bagus lagi jika ada 3 tenaga dokter di tiap Puskesmas,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga meminta, petugas medis untuk dapat memberikan pelayanan prima, kepada masyarakat tanpa memandang suku, agama ras dan golongan serta status status sosial lainnya, sehingga pelayanan kesehatan dapat dirasakan langsung manfaatnya.

 

 

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *