TOTABUANNATON.COM, BOLAANG UKI – Bupati Kabupaten Bolsel, H Herson Mayulu SIP, menghadiri perayaan Maulid Nabi SAW, yang dilaksannakan di Mesjid Ataqwa Desa Pinolosian, Selasa (12/12) kemarin. Kegiatan yang berlangsung sekira pukul 08.00 Wita tersebut, turut dihadiri Anggota Dekab Dedi Abdul Hamid, pimpinan OPD, camat, Kapolsek, para sangadi, aparat desa, imam dan masyarakat sekitar. Kegiatan dengan nuansa religius tersebut, sudah menjadi agenda rutin setiap tahun, semenjak dahulu oleh pemerintah dan masyarakat Bolsel. Sebab, kegiatan ini merupakan wujud pelestarian nilai budaya kearifan lokal yang bernuansa religius sejak turun temurun. Bupati sendiri saat sambutan menyampaikan, makna peringatan maulud Nabi Muhammad SAW harus dijadikan sebagai instropeksi diri, melaksanakan apa yang diperintah agama dan larangannya. “Kedua untuk kita terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT,” tutur Bupati.

Selain menjalan perintah Allah SWT, umat muslim juga wajib mengikuti baginda Rasululah Nabi Muhamad SAW. “Karena beliau adalah pemimpin umat muslim,” tandas Bupati.

Diketahui, perayaanya ini dilaksanakan dengan dua cara yakni tradisional melalui zikir dimesjid yang dipandu oleh para iman dan kelompok zikir. Yang diselingi dengan pembuatan walima atau tolrangka yang diisi dengan berbagai jenis makanan, buahan serta kue tradisional untuk di makan bersama, setelah kegiatan zikir. Cara yang kedua dilaksanakan secara nasional dengan ceramah tampa dzikir. Kegiatan ini juga diliput langsung oleh salah satu TV nasional. (**)

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *