TOTABUANNATON.COM – BOROKO-106 desa se Kabupaten Bolmut kini memanfaatkan Dana Desa (Dandes) untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Bahkan hampir ada beberapa desa yang mendapatkan Pendapatan Asli desa (PAdes) dari Bumdes hingga puluhan juta rupiah dalam setahun. Pemanfaatan bumdes ini ada yang menjual alat pesta pernikahan, pupuk, alat kerajinan tangan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bolmut Fadly Usup mengatakan, saat ini memang pihaknya menuntut tiap desa harus ada Bumdes. “Ya, alhamdulilah 106 desa se Bolmut sudah memiliki Bumdes,”ujarnya.

Menurutnya, manfaat bumdes jika dikelola dengan baik akan membantu perekonomian desa tersebut. “Sehingga pengawasan sangat perlu. Baik di dinas kami dan masyarakat itu sendiri,”ungkap mantan camat Bolangitang Barat ini.

Terpisah salah satu anggota pengurus Bumdes Mandiri di Kecamatan Bolangitang Barat, Adit menuturkan, jikalau bumdesnya ada terbagi dibeberapa jenis usaha. “Misalnya Saprodi dan pupuk. Ada juga perlengkapan kegiatan baik suka dan duka,”bebernya. (**)

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *