TOTABUANNATON.COM / Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kamis (04/4/2019) kemarin, menyambangi Kabupaten Kepulawan Sangihe Nusa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) guna untuk mengikuti kegiatan fasilitasi peningkatan layanan keamanan daerah perbatasan.

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprovp) Sulut bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia. Kepala Diskominfo Bolmong Parman Ginano, melalui Kepala Bidang Persandian dan Statistik Sutoyo Paputungan. Menurut Sutoyo, kegiatan ini dipusatkan di aula rumah dinas Bupati Kepulauan sangihe, dengan berbagai materi dari BSSN tentang pengamanan informasi dan ancaman siber attack di bidang pemerintahan.

“Dimana serangan terjadi dalam bentuk distributed denial of service yang secara tiba-tiba web service pemerintah , bank, media dan partai politik menerima puluhan ribu pengunjung seketika menyebabkan lumpuhnya system,” ujar Sutoyo.

Dia menambahkan, materi lainnya diberikan oleh BSNN yakni webdeface, phising, malware, hacking, skimming. “Yang kesemuanya dalam keamanan secara menyeluruh dan pengelolaan terstruktur oleh BSSN,” jelasnya.

 

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *