Gelar Workshop, Diskominfo Bolmong Beri Materi ( TIK ) Untuk ASN

TOTABUANNATON.COM – BOLMONG — Guna mendukung  Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar  Workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Pemkab Bolmong), Rabu (12-9-18) di ruang rapat Kantor Bappeda.

Dalam workshop tersebut dibuka langsung Sekretaris Derah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, dan dihadiri seluruh Kepala SKPD maupun perwakilan setiap instansi serta Kepala Diskominfo Parman Ginano, bersama seluruh jajarannya.

Dalam sambutan, Sekda Tahlis Gallang mengatakan workshop ini untuk membuka wawasan kita agar memanfaatkan tekhnologi. “Kalau kita tidak mau memanfaatkan tekhnologi, kita akan semakin tertinggal. Memang harus disadari Kabupaten Bolmong masih sangat tertinggal, makanya tekhnologi itu sesungguhnya sangat membantu Tupoksi kita masing-masing,” katanya.

Lanjutnya, TIK sangat dibutuhkan untuk mendukung upaya pemerintah menciptakan e-Government yang baik. Begitu pentingnya peningkatan SDM di lingkungan Pemkab Bolmong. “Ya, sejalan dengan visi dan misi yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mewujudkan kualitas SDM dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang professional dan berorientasi pada pelayanan publik. Karena itu ASN merupakan perangkat terdepan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Mantan Sekkot Kotamobagu ini menambahkan, banyak hal yang nantinya akan dikembangkan di Kabupaten Bolmong. “Apalagi pengelolaan data elektronik pemerintah yang andal saat ini bukan hanya sekadar kebutuhan masing-masing instansi. Lebih dari itu, guna memastikan layanan lembaga pemerintah berlangsung efektif dan efisien, makanya dibutuhkan  pengelolaan terintegrasi dan kolaborasi e-Government,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Parman Ginano menyebutkan bahwa workshop ini selain untuk menambah wawasan juga untuk memberikan pemahaman Teknologi Informasi (TI), karena masih ada ASN yang masih belum dapat menggunakan kecanggihan teknologi dalam pelayanan masyarakat, untuk itu ASN di lingkup pemkab sangat perlu workshop semacam ini. “Guna mempercepat transparansi pelayanan publik melalui e-Government yang baik, saat ini juga Pemkab Bolmong telah menerapkan aplikasi e-Budgeting, e-Monev, e-Planing dan lainnya agar dapat teritegrasi secara langsung. Sementara sejumlah ASN juga telah memahami beberapa aplikasi yang telah diterapkan tersebut,” tutup Ginano.

( hend )

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *