Kab Bolmong Akan indah Dengan Pohon Tabebuya,Khusus Jalur Dua.

BOLMONG INDUK

TOTABUANNATON / BOLMONG –  Untuk keindahahan Jalan Jalur Dua Lolak akan ditanami dengan tanaman hias Tabebuya untuk memperindah lolak sebagai Ibukota Kabupaten Bolaang Mongondow.

Bupati Dra. Yasti Soepredjo, dalam sambutannya saat peresmian Balai Pengujian Kendaraan Bermotor 07/01/2020 di Desa Dulangon Lolak.

Yasti mengatakan akan menata dan mempercantik wajah Ibu Kota Kabupaten terlebih khususnya diwilayah jalur dua Lolak.dan menambahkan telah memesan bibit Tabebuya sebanyak 2000 pohon.

“Sudah dipesan sebanyak 2000 pohon, nanti akan di tanam di sepanjang jalan Lolak, ibu Kota Kabupaten. kami juga akan membangikan ke masyarakat supaya di tanam di depan rumahnya. Lolak akan mirip Surabaya,”Ucap Yasti.

Adapun tanaman Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus), Tabebuya kuning atau Pohon terompet emas adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar.

Seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura. Namun kedua tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat. Pohon tabebuya memiliki kelebihan di antaranya daunnya tidak mudah rontok, disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Tanaman Tabebuya memiliki bunga yang berbeda-beda warna. Ada warna kuning dan berbentuk terompet, ada juga yang berwarna pink, ungu, bahkan merah tua. banyak sekali varian tabebuya dari berbagai negara dalam genus handroanthus dan tabebuia dengan warna bunganya yang beraneka macam, tetapi varian yang sering dijumpai di Indonesia adalah yang bunganya berwarna kuning dengan panjang 3-11 cm, berbentuk terompet dan bergerombol.(Hen)

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *