TOTABUANNATON.COM / BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, paparkan potensi Kabupaten Bolmong di hadapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di puncak kegiatan Sulut Expo 2019, di Jakarta, Sabtu (29/9).

Dalam pemaparan itu ia sekaligus menyampaikan harapannya supaya Kabupaten Bolmong menjadi target fokus pembangunan Provinsi Sulut.

“Mudah-mudahan, target ke depan, pembangunan provinsi sulut dapat mengarah ke Bolmong Raya,” ungkapnya di hadapan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Yasti yang kala itu mengenakan pakaian coklat muda bergaya kasual, menegaskan kembali alasan Kabupaten Bolmong harus dilirik, lantaran memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar.

Kata Yasti, saat ini Kabupaten Bolmong menjadi salah satu kabupaten yang ditetapkan oleh Permendagri menjadi kabupaten terluar dan terdepan. “Karena Bolmong berhadapan langsung dengan zona ekonomi eksklusif di laut pasifik,” aku mantan anggota DPR dua periode ini.

Bahkan, Yasti mengklaim, kondisi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bolmong di tahun 2018, sangat tinggi. “Lebih tinggi dari Sulut, sedangkan tingkat pengangguran terendah,” tuturnya.

Untuk potensi investasi, Yasti menjelaskan, Kabupaten Bolmong, memiliki potensi di bidang perkebunan, pertanian, perikanan, pariwisata, pertambangan, dan energi terbarukan.

“Luas wilayah kelapa sawit ada 69 ribu hektare, belum berproduksi. Cengkih 258 hektare, kelapa 24.206 hektare, pala, kopi, kakao, dan kemiri,” jawabnya.

Sementara di bidang pertaninan, Kabupaten  Bolmong merupakan lumbung beras Sulut hingga Gorontalo gorontalo. “Beras, padi, jagung, nenas, dan lainnya,” aku srikandi Bolmong ini.

Meski begitu, Yasti tak lupa juga mengutarakan kekurangan dari Pemkab Bolmong yang segera diperbaiki. “IPM kita memang masih di bawah IPM nasional dan Sulut. Itu lah kelemahan kita supaya ada perhatian dari pemerintah provinsi,” aku dia.

Padahal, diucapkannya, visi Bolmong, sama dengan visi Sulut, yakni menuju ke istilah Hebat. “Pak gubernur untuk Sulut Hebat, dan mudah-mudahan Bolmong bisa hebat di masa periode kami,” ujarnya diaminkan peserta lainnya di ajang Sulut Expo 2019.

Diketahui, selain Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yanny R Tuuk dan isteri Lanny Lesly Kaligis yang juga anggota DPRD Bolmong itu, terlihat hadir di ajang yang mempromosikan keunggulan daerah ini.

**

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *