Kedubes Rusia di Inggris. Foto/Istimewa

Kedutaan Rusia Keluarkan Travel Advice ke Inggris

MANCANEGARA

LONDON – Kedutaan Besar Rusia di London meminta warga Rusia untuk mempertimbangkan kembali rencana mereka bepergian ke Inggris. Kedutaan Rusia memperingatkan bahwa sentimen anti Moskow tumbuh di tengah meningkatnya ketegangan kedua negara seputar serangan racun terhadap Sergei Skripal.

“Di tengah kebijakan anti-Rusia dan retorika yang semakin mengancam dari pihak Inggris, tindakan selektif terhadap individu dan badan hukum Rusia, – contoh terbaru adalah penggeledahan pesawat Aeroflot di London – ada kemungkinan besar proyeksi sentimen anti-Rusia, penganiayaan dan pelecehan terhadap warga Rusia di Inggris,” kata kedutaan Rusia seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (1/4/2018).

Kedutaan Rusia tidak mengesampingkan bahwa warga Rusia akan berada di bawah pengawasan yang ditingkatkan dari lembaga penegak hukum dan intelijen Inggris.

“Kami merekomendasikan orang-orang Rusia yang meragukan apakah pihak berwenang Inggris memiliki pertanyaan karena mereka mempertimbangkan kepraktisan perjalanan ke Inggris untuk menghindari provokasi dan menghindari penangkapan atas permintaan lembaga penegak hukum Inggris dan layanan intel,” kata Kedubes Rusia.

Peringatan ini menekankan bahwa warga Rusia dapat ditahan di bawah dalih untuk penggeledahan dan interogasi terperinci saat memasuki dan meninggalkan negara. Pihak berwenang Inggris juga dapat menyita perangkat elektronik (komputer, ponsel, tablet, media elektronik di bawah undang-undang anti-terorisme Inggris. Juga, mungkin untuk menarik dokumen identifikasi, menurut kedutaan.

Berita itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan yang disebabkan oleh kasus Skripal. Baru-baru ini, lebih dari 25 negara telah mengumumkan keputusan mereka untuk secara kolektif mengusir lebih dari 150 diplomat Rusia dalam solidaritas dengan Inggris. Inggris menyalahkan Moskow atas keracunan yang dialami mantan mata-mata Rusia, Sergei Skripal dan putrinya di kota Salisbury, Inggris.

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *