Musrenbang RKPD tahun 2019 mengangkat tema “Pemerataan Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi

TOTABUANNATON.COM – Selasa (27/03) kemarin Plt Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolmut tahun 2019 yang bertempat di Randy Grand Palace.

Musrenbang RKPD tahun 2019 mengangkat tema “Pemerataan Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi untuk mendorong Investasi serta Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran”.

Suriansyah mengatakan kegiatan ini merupakan puncak dari tahapan Musrenbang yang telah dilaksnakan sejak Musrenbang Desa sampai Pra Musrenbang dan Forum Perangkat Daerah beberapa waktu lalu. “Melihat capaian serta isu strategis pembangunan yang berkembang saat ini, saya menyampaikan beberapa fokus di tahun 2019, diantaranya terus mendorong sektor-sektor produktif untuk lebih mendorong pertumbuhan perekonomian daerah, meningkatkan daya saing daerah dengan terus memantapkan ketersediaan infrastruktur dasar,”ungkapnya.

Dikatakan Korompot, selain itu memprioritaskan pembiayaan program kegiatan yang benar-benar secara langsung menyentuh masyarakat melalui penelahaan rasionalitas program kegiatan. “Dan optimalisasi belanja dengan tetap memperhatikan usulan kebutuhan masyarakat, dan penyediaan sarana yang memadai untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya.

“Terkait dengan pencapaian target RPJMD, aspek kesejahteraan masyarakat menunjukkan angka yang positif dengan rata-rata tingkat capaian sebesar 93,10 persen. Dari aspek pelayanan umum IPM juga menunjukkan tren positif hingga Tahun ke empat RPJMD dengan capaian 65,16 poin dari 65,00 poin yang ditargetkan pada tahun 2018,”tambah Suriansyah.

Selain itu, aspek daya saing daerah dapat dilihat dari indeks kepuasan masyarakat dari opini BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah pada Tahun 2016 mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Manfaatkan kegiatan ini seoptimal mungkin. Berikan masukan dan informasi sehingga diperoleh rumusan positif yang mampu mendukung kemajuan pembangunan di daerah menuju Bolmut yang Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya,” ujarnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah Bolmut Asripan Nani, kepala kejaksaan Negeri Boroko Andi Suharlis, SH, MH, Perwakilan Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Ir. Danny Kaurow, MT, Kepala BPS Bolmong Jasni Makalungsenge, M. Si, Pimpinan Perangkat Daerah, para Camat, Sangadi dan Perangkat Desa se Kabupaten Bolmut. (**)

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *