TAOTABUANNATON.COM / BANTEN /  Cilegon Ethnic Carnival (CEC) yang merupakan even pariwisata yang rutin digelar setiap tahun di Kota Cilegon, diharapkan masuk ke dalam Calender Of Event Nasional.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Cilegon Edi Ariadi saat membuka acara yang berlangsung di depan Kantor Walikota Cilegon, Sabtu (24/8) malam.

Dalam sambutannya, Edi mengatakan Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Cilegon telah menggelar even CEC yang ke-6 dengan tema “Kemonesan Budaye Nusantara” yang menampilkan keberagaman etnis yang ada di Kota Cilegon.

Peserta tarian KABELA dan tarian asal minhasa adalah kumpulan organisasi paguyuban sulawesi utara
Peserta tarian KABELA dan tarian asal minhasa adalah kumpulan organisasi paguyuban sulawesi utara

yang hadir dalam pagelaran CEC tersebut, Perwakilan Kemenpar RI, Asisten Deputi Penelitian Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan Ni Komang Ayu Astiti, Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati, Ketua DPRD Kota Cilegon Faqih Usman Umar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, Kapolres Cilegon, Dandim 0623/Cilegon, Perwakilan Kejari Cilegon, Sekda Kota Cilegon Sari Suryati, Kepala Disparbud Kota Cilegon Heri Mardiana, pejabat di lingkungan Pemkot Cilegon, serta pejabat BUMN dan BUMD yang ada di Kota Cilegon.

Gelaran even CEC ini diikuti oleh berbagai komunitas etnis nusantara yang ada di Kota Cilegon seperti kontingen Wong Cilegon, Paguyuban Kujang Sunda, Paguyuban Sumatera Barat (IKAMI), Sumatera Utara (IKABAMUS), Paguyuban Bali, Paguyuban Jawa Timur, Paguyuban Arema, Paguyuban Kerukunan Kawanua Banten (KKB-Manado), Paguyuban Sulawesi Utara, Paguyuban Dayakan, Paguyuban Tionghoa.

Yang Menarik dalam kegaiatan carnaval tersebut paguyuban sulawesi utara yaitu KMKB (Komunitas Matuari Kawanua Banten) yang di ketuai oleh Tonny chavelier menampilkan salah satu tarian asal daerah bolaang mongondow,taraian KABELA simbol alam dan Sifat Manusia diantaranya : warna biru mengambarkan hutan yang subur, kuning mengambarkan buah padi yang siap dipanen, merah mengambarkan keberanian, warna putih mengambarkan keikhlasan hati yang suci, hitam mengambarkan tanah yang subur. ,dan di medley gabungan dengan tarian asal daerah minahasa dengan lagu daerah O’inanikeke. Liputan Cilegon Banten TotabuanNaton : (RH)

 

 

 

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *