TOTABUANNATON.COM /Kamis / Mei / 02 / 5  /2019/ Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar upacara hari pendidikan nasional dua Mei 2019. Tema Hari Pendidikan Nasional yang diangkat pemerintah saat ini yaitu, penguatan pendidikan, memajukan kebudayaan.

Wabub Membacakan Tema Hari Pendidikan di depan seluruh ASN Bolmong
Wabub Membacakan Tema Hari Pendidikan di depan seluruh ASN Bolmong

Dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Bolmong,  Yanni Tuuk, bertindak sebagai pembina upacara. Wabup Yanni membacakan sambutan mentri pendidikan republik indonesia, yang dimana dalam sambutannya,  tujuan pemerintah saat ini dalam mewujudkan cita-cita pendidikan nasional yaitu pembentukan karakter.”Tujuan Pendidikan Nasional yaitu pembentukan akhlak insani, Mencetak Insan yang Berilmu, Serta Menciptakan insan yang Mandiri,” kata Wabup, saat membacakan sambutan mentri pendidikan.

Sebagaimana telah disampaikan oleh presiden dalam Banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai Bergeser dari pembangunan infrastruktur Ke pembangunan sumber daya manusia.Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan Menemukan urgensinya.

Terkait dengan itulah, tema hari pendidikanNasional tahun 2019 adalah “menguatkan pendidikan,Memajukan kebudayaan.”Tema ini mencerminkan pesan penting ki hajarDewantara terkait hubungan erat pendidikan dan Kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan Yang  syarat nilai dan pengalaman kebudayaan, guna Membingkai hadirnya sumberdaya-sumber daya manusiaYang berkualitas, demi terwujudnya indonesia yang Berkemajuan.

Dalam perspektif  kemendikbud, pembangunan sumberDaya manusia menekankan dua penguatan, yaitu Pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik Yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk Membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopanSantun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.

Upacara Hari Pendidikan Di Halaman Depan Kantor Bupati Bolmong
Upacara Hari Pendidikan Di Halaman Depan Kantor Bupati Bolmong

Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan Kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa Kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan Profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan Dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

Saat ini peserta didik kita didominasi generasi z Yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi.Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologiTerbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan Para guru untuk menerapkan pendidikan berbasisTeknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia Melalui tri pusat  pendidikan : keluarga, sekolah, dan Masyarakat.Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling Mendukung dan menguatkan.

Selaras dengan itu, dalam konteks kebudayaan,posisi kebudayaan sebagai basis pendidikan nasional Semakin kukuh dengan disahkannya undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan,Serta kongres kebudayaan tahun 2018.Implementasinya diharapkan semakin meningkatkan Ketahanan budaya, meningkat pula dalam mengambil Peran di tengah peradaban dunia.

Melalui momentum hari pendidikan nasional ini,Marilah kita konsentrasikan segenap potensi Pendidikan nasional yang menitik beratkan pembangunan Sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat,Ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang Semakin kompetitif.

Selanjutnya, atas nama pemerintah, izinkan saya Menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-Tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaanDi seluruh penjuru negeri, terutama kepada ibu danBapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua Jenjang, para pegiat paud, pegiat literasi, para tokohAgama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya,Yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi,Membuka jalan terang masa depan anak indonesia agarMenjadi manusia cerdas berkarakter kuat danMemberikan manfaat bagi sekitarnya.

Selamat hari pendidikan nasional. Teruslah Bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan danMemajukan kebudayaan indonesia.Semoga allah, tuhan yang maha mulia, maha pemberi Anugerah, selalu meridhoi ikhtiar kita untukMencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta. (ADVETORIAL)

Hen

Comments

comments

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *